Verifikasi dan Simulasi Uji Coba Operasional Terbatas di Sendangsono

Verifikasi dan Simulasi Uji Coba Operasional Terbatas di Sendangsono

  • Di publish tanggal 2020-09-17 08:57:40
  • in Berita
  • Telah dibaca 287

Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kulon Progo lakukan verifikasi dan simulasi uji coba operasional terbatas di Objek Wisata Religi Sendangsono, Kalibawang, Kulon Progo pada Rabu (16/09/2020). Dalam proses verifikasi ini didapati bahwa Sendangsono sudah cukup baik dalam menerapkan protokol kesehatan Covid-19. 

Pengelola objek wisata religi Sendangsono telah menerapkan pengecekan suhu sebelum masuk area objek. Selain itu, pihak pengelola Sendangsono juga telah membuat wastafel/tempat cuci tangan dengan air mengalir. Pengambilan air suci untuk ziarah juga telah di modifikasi dengan memasukkan air suci tersebut ke dalam botol guna menghindari terjadinya kerumunan/antrian peziarah. Jalur keluar dan masuk tempat ini pun telah di buat terpisah. Saat ini, objek wisata religi Sendangsono masih tutup untuk umum. Rencananya, Sendangsono akan dibuka kembali pada tanggal 01 Oktober 2020 dan yang diperbolehkan masukpun adalah orang-orang yang datang khusus untuk berziarah. Waktu ziarahnya pun dibatasi hanya sekitar 30 menit saja. 

Di Sendangsono, ada satu hal yang masih perlu diperbaiki yaitu penempatan banner-banner peringatan seperti Jaga jarak, pakai masker dan cuci tangan yang saat ini masih kurang terlihat.

Pada kesempatan ini, Dinas Kesehatan Kulon Progo memandu tata cara cuci tangan yang benar dan menghimbau para pengelola untuk jangan bosan-bosan menegur dan mengingatkan pengunjung/peziarah untuk memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.