STUDY BANDING KE DINAS PARIWISATA KULON PROGO, DISBUDPAR TULUNGAGUNG PELAJARI STRATEGI PARIWISATA

STUDY BANDING KE DINAS PARIWISATA KULON PROGO, DISBUDPAR TULUNGAGUNG PELAJARI STRATEGI PARIWISATA

  • Di publish tanggal 2019-11-01 09:25:29
  • in Berita
  • Telah dibaca 620

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Tulungagung melakukan study banding ke Dinas Pariwisata Kabupaten Kulon Progo pada Kamis (31/10). Rombongan Disbudpar Tulungagung dipimpin oleh Plt. Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata, Heru Junianto, S.STP, MM bersama Kepala Seksi Promosi, Kepala Seksi Kerjasama dan 2 orang staff melakukan kunjungan guna mengetahui strategi pemasaran dan promosi pariwisata, pengelolaan destinasi, kelembagaan, SDM serta desa wisata yang ada di Kulon Progo.

Tulungagung merupakan sebuah Kabupaten di Jawa Timur yang memiliki pesona panorama alam yang menakjubkan.  Sama halnya dengan Kulon Progo, Tulungagung mempunyai banyak spot objek wisata yang beragam seperti bukit, pantai, air terjun, situs budaya dan lain sebagainya.  Beberapa permasalahan yang disampaikan oleh pemkab Tulungagung adalah :

  1. Belum maksimalnya sistem pengelolaan destinasi wisata yang terdapat di wilayah PT. Perhutani sehingga dirasa sharing profit masih belum menguntungkan semua pihak
  2. Pengelolaan desa wisata masih menemui beberapa kendala diantaranya masih rendahnya partisipasi masyarakat daklam mengembangkan desa wisata.

Disampaikan oleh Kepala Bidang Pemasaran Kulon Progo bahwa strategi pemasaran dan promosi pariwisata yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Kulon Progo adalah dengan membangun sinergitas dengan seluruh stakeholders . Contoh kegiatan yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Kulon Progo yaitu Fam Tour, Widyawisata, pameran, table top, promosi melalui media elektronik, cetak dan yang tidak kalah pentingnya yaitu promosi melalui website dan media sosial. 

Pemerintah Kabupaten Tulungagung merasa tertarik dengan program widyawisata karena hal itu belum pernah dilakukan disana sebelumnya. Melihat pengalaman dari Dinas Pariwisata Kulon Progo, program tersebut dirasa sangatlah efektif karena melibatkan banyak pihak terutama anak-anak sekolah yang sangat akrab dengan sosial media. 

Disampaikan oleh pimpinan rombongan Disbudpar Tulungagung, pertemuan dan diskusi dengan Dinas Pariwisata Kulon Progo kali ini dirasa sangat bermanfaat karena memberikan insight, pandangan serta sharing pengalaman yang nantinya akan diimplementasikan di Kabupaten Tulungagung.

Pemkab Tulungagung berharap bahwa hubungan Dinas Pariwisata Kulon Progo dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Tulungagung bisa berjalan dengan baik guna mempercepat perkembangan di kedua daerah tersebut.