STAR CAM FEST 2022

STAR CAM FEST 2022

  • Di publish tanggal 2022-05-24 11:54:40
  • in Pengumuman
  • Telah dibaca 788

 

ASTROGRAPHY COMPETITION

TIMELINE LOMBA : 

  1. PENDAFTARAN : 23 - 27 MEI 2022 Pukul 20.00 WIB
  2. WAKTU PELAKSANAAN LOMBA : 28 MEI 2022 Mulai Pukul 19.00 WIB
  3. PENJURIAN : 28-29 MEI 2022
  4. PENGUMUMAN : 29 MEI 2022

SYARAT & KETENTUAN :

  1. Terbuka Untuk Siswa/Siswi SMA/SMK Sederajat Se-Kulon Progo.
  2. Peserta adalah individual atau perseorangan
  3. Biaya pendaftaran GRATIS
  4. Peserta wajib follow Instagram @dinparkulonprogo
  5. Peserta mengisi formulir di : https://forms.gle/3PV2MjRGLUAryfSLA
  6. Melampirkan foto kartu identitas (KTP/SIM/Kartu Pelajar) di formulir
  7. Peserta Membawa Perelatan Ibadah, Mandi dan Obat Pribadi.
  8. Peserta Wajib Membawa Smartphone dengan fitur kamera Pro atau bisa dengan mengunduh aplikasi kamera Pro di Playstore dan AppStore.
  9. Peserta Membawa Kartu Identitas Selama Mengikuti Lomba.
  10. Peserta Membayar Tiket Retribusi Masuk Waduk Sermo di Loket Sejumlah Rp. 6.000,- / Orang

 

MEKANISME STARCAMP DAN LOMBA ASTROPHOTO

Adapun prosedur pelaksanaan Astocamp sebagai berikut :

1. Peserta wajib mengikuti sesi Teori Pengenalan Benda-benda Langit yang akan disampiakan oleh Tim dari Jogja Astro Club (JAC).

2. Peserta Wajib mengikuti sesi tentang Praktek Pengamatan Benda-benda Langit Menggunakan Teleskop dan Binokuler. (Jika cuaca mendukung).

4. Panitia Menyediakan Tenda Terbatas Bagi Peserta

3.  Peserta wajib mengirimkan 2 foto yang akan diikutkan dalam lomba (format digital) kepada panitia, menggunakan link yang akan disampaikan panitia saat sesi Teori

 

WATER ROCKET COMPETITION

TIMELINE LOMBA : 

  1. PENDAFTARAN : 23 - 28 MEI 2022 Pukul 14.00 WIB
  2. WAKTU PELAKSANAAN LOMBA : 29 MEI 2022 Pukul 07.00 WIB
  3. PENGUMUMAN : 29 MEI 2022.

SYARAT & KETENTUAN :

  1. Terbuka Untuk Siswa/Siswi SMP Se-Kulon Progo.
  2. Peserta adalah kelompok yang terdiri dari 2 orang dan 1 pendamping (jika ada)
  3. Biaya pendaftaran GRATIS
  4. Kelompok Peserta wajib follow Instagram @dinparkulonprogo
  5. Ketua Kelompok Peserta mengisi formulir yang berupa Identitas Ketua Kelompok, Identitas Anggota dan Identitas pendamping (Jika Ada) di : https://forms.gle/R9t4Poxwszhh9syr8
  6. Melampirkan foto kartu identitas (KTP/SIM/Kartu Pelajar) di formulir bagi ketua kelompok.
  7. Kelompok Peserta dan pendamping (Jika Ada) Membawa Kartu Identitas Selama Mengikuti Lomba.
  8. Kelompok Peserta dan pendamping (Jika Ada Membayar Tiket Retribusi Masuk Waduk Sermo di Loket Sejumlah Rp. 6.000,- / Orang
  9. Peralatan Yang Wajib Dibawa Kelompok Peserta :
    Botol Plastik Bekas Ukuran 1,5 liter 4pcs , Lakban listrik 1 pcs, Isolasi Busa Bolak Balik Hijau 1 pcs, Isolasi Bening 5 cm 1pcs.

E. MEKANISME ROKET AIR

Adapun prosedur pelaksanaan Lomba Roket Air sebagai berikut :

1. Peserta diwajibkan membuat roket sendiri sejumlah 2 roket di lokasi menggunakan 2 botol AQUA 1,5 liter untuk setiap rokety . Panitia hanya menyediakan 4 botol untuk masing2 peserta.

2. Bahan dan bentuk roket yang akan digunakan boleh ditambahkan menurut kreasi masingmasing tim

3. Roket yang diluncurkan merupakan bahan yang sudah jadi sebelumnya, dan siap luncur ketika perlombaan(posisi sudah siap digunakan)

4. Peluncuran roket maksimal sebanyak 3 kali ( 1 kali pada saat percobaan dan 2 kali saat penilaian)

5. Perserta akan dipanggil 3 kali, jika peserta tidak segera menuju tempat perlombaan, maka nomor urut akan diletakkan dibelakang

6. Peserta yang nomor urutnya ditaruh paling belakang (lihat poin sebelumnya), dipanggil lagi 3x tidak juga menuju tempat peluncuran, maka akan didiskualifikasi.

7. Pada saat meluncurkan, setiap peserta harus mengatur volume air dalam roket, besarnya tekanan udara dalam launcher dan menentukan sendiri kemiringan launcher.

8. Peluncur disediakan panitian namun peserta boleh membawa dan menggunakan alat peluncur roket sendiri dengan kreativitas masingmasing.(posisi sudah siap digunakan)

9. Saat meluncurkan roket, peserta menggunakan pompa injak.

10. Muatan isi roket (berupa air) akan disediakan oleh panitia (tidak diperkenankan memakai atau menambahkan zat apapun seperti soda, deterjen dan sejenisnya kedalam muatan roket).

11. Guru pendamping dilarang membantu peserta dalam proses peluncuran roket. Namun hanya pengarahan yang diperbolehkan di tempat yang sudah disediakan)

12. Peserta wajib memakai tanda pengenal yang telah diberikan oleh Panitia

13. Dilarang melakukan hal-hal yang mengganggu jalannya perlombaan.

14. Pelanggar setiap aturan akan dipertimbangkan oleh panitia, apabila tergolong pelanggaran yang berat peserta dapat di diskualifikasi.

15. Peserta wajib mengikuti peraturan yang telah ditentukan panitia dan apabila melakukan pelanggaran akan diberikan sanksi sesuai ketentuan.