Semangat mulai WFO !! Pegawai Dinas Pariwisata Kulon Progo Terapkan Protokol Kesehatan di Masa New Normal

Semangat mulai WFO !! Pegawai Dinas Pariwisata Kulon Progo Terapkan Protokol Kesehatan di Masa New Normal

  • Di publish tanggal 2020-07-01 09:49:24
  • in Berita
  • Telah dibaca 190

Jajaran ASN di lingkungan Pemerintah Daerah DIY dan Pemerintah Daerah Kabupaten/ Kota se-Daerah Istimewa Yogyakarta termasuk Dinas Pariwisata Kabupaten Kulon Progo kembali bekerja selama lima hari kerja dalam satu minggu mulai tanggal 01 Juli 2020. Keputusan ini mengacu dari Peraturan Bupati Kulon Progo Nomor 43 Tahun 2020 tentang Pedoman Tata Kerja Aparatur Sipil Negara Dalam Tatanan Normal Baru Pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di lingkungan Pemerintah Daerah.

Dalam Perbup tersebut, seluruh ASN kembali bekerja normal masuk kantor mulai Rabu tanggal 1 Juli 2020. Adapun ASN dapat melaksanakan tugas kedinasan di rumah (work from home/WFH) berdasarkan persayaratan tertentu seperti, domisili pegawai berada di wilayah penetapan status PSBB, kondisi kesehatan pegawai dengan status ODP/PDP/positif COVID-19 dalam 14 hari kalender terakhir, mempunyai riwayat perjalanan luar daerah/luar negeri dalam 14 hari kalender terakhir dengan hasil Rapid Test Reactive atau hasil test PCR positif, dan sebagainya.

Selain itu, dalam Perbup tersebut juga diatur tentang tata cara pelaksanaan kerja sesuai dengan protokol kesehatan COVID-19 selama masa pandemi. Dalam hal ini, Dinas Pariwisata Kulon Progo telah menerapkan protokol kesehatan seperti mewajibkan penggunaan masker, melakukan proses presensi dengan face scan / deteksi wajah, cuci tangan sebelum masuk ruang kerja, melakukan pengecekan suhu tubuh dengan thermo gun, melarang pegawai masuk kantor jika memiliki suhu tubuh lebih dari 37,5 oC dan menerapkan jaga jarak selama proses bekerja.

Dalam hal pelayanannya, Dinas Pariwisata Kulon Progo juga menerapkan protokol kesehatan COVID-19 seperti mewajibkan tamu untuk menggunakan masker, mencuci tangan sebelum masuk ruang kantor, mengecek suhu tubuh tamu dan selalu menerapkan jaga jarak.