Perkuat Lembaga Pariwisata, Dinas Pariwisata Kulon Progo Selenggarakan Pelatihan Penguatan Kelembagaan

Perkuat Lembaga Pariwisata, Dinas Pariwisata Kulon Progo Selenggarakan Pelatihan Penguatan Kelembagaan

  • Di publish tanggal 2019-11-20 11:20:13
  • in Berita
  • Telah dibaca 440

Dinas Pariwisata Kulon Progo selenggarakan "Pelatihan Penguatan Kelembagaan" pada tanggal 20-21 November 2019 di Joglo Kalibiru. Pelatihan ini diikuti oleh 30 orang peserta yang terdiri dari pengurus pokdarwis dan pengelola desa wisata Kulon Progo.

Pelatihan Penguatan Kelembagaan ini diselenggarakan karena pertumbuhan sektor pariwisata yang meningkat, perlunya lembaga pariwisata yang memiliki profesionalisme dan kompetensi, tidak ada/kurangnya pemahaman tentang lembaga pariwisata pokdarwis dan desa wisata serta tantangan pariwisata  berbasis masyarakat dalam perkembangan industri pariwisata. Dalam pelatihan ini disuguhkan beberapa materi diantaranya :

  1. Menjaga Konsistensi dan marwah pokdarwis dalam mengawal pariwisata berbasis masyarakat - disampaikan oleh Sigit Istarto (Forkom Pokdarwis DIY)
  2. Kerjasama dan jejaring Desa Wisata menghadapi tantangan industri pariwisata -disampaikan oleh Tri Harjono (Forkom Desa Wisata DIY)
  3. Kolaborasi Pokdarwis dan Desa Wisata, eksistensinya dalam pentahelix pariwisata - disampaikan oleh Pusat Studi Pariwisata UGM

Pelatihan ini diselenggarakan dengan tujuan agar peserta memiliki wawasan tentang pokdarwis dan desa wisata, mampu mengaplikasikan lembaga pariwisata berbasis masyarakat, memberikan performa dan kinerja yang baik untuk memberikan kesan dan kenangan yang baik bagi wisatawan. Pelatihan ini juga bertujuan untuk menumbuhkan sense of belonging para peserta terhadap pariwisata Kulon Progo. (ardh)