Peringati Hari Pariwisata Dunia, Dinas Pariwisata Kulon Progo Gelar Nglinggo Soul of The Mask

Peringati Hari Pariwisata Dunia, Dinas Pariwisata Kulon Progo Gelar Nglinggo Soul of The Mask

  • Di publish tanggal 2022-09-28 11:24:48
  • in Berita
  • Telah dibaca 138

 

27 September ditatapkan oleh Organisasi Pariwisata Dunia, UNWTO sebagai Hari Pariwisata Dunia. Pada tahun 2022 ini, UNWTO menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah perayaan ke-42 Hari Pariwisata Dunia dengan tema "Rethingking Tourism".

Guna turut menyemarakkan Hari Pariwisata Dunia, Dinas Pariwisata Kulon Progo bekerjasama dengan Badan Otorita Borobudur (BOB) dan didukung melalui Dana Keistimewaan DIY menggelar Nglinggo Soul of The Mask pada Selasa (27/09) di Kawasan Wisata Kebun Teh Nglinggo, Pagerharjo, Samigaluh, Kulon Progo. 

Rangkaian acara Nglinggo Soul of The Mask dimulai dengan kirab 5 grup kesenian Lengger Tapeng. Dilanjutkan pentas Tari Topeng Cirebon dari Sanggar Puser Langit, Cirebon. Kemudian acara dilanjutkan dengan penampilan Tari Dwi Muka oleh Didik Nini Thowok.

Acara dengan taraf internasional ini turut diikuti pula oleh penari dari Negara Brasil yakni, Igor Amanajas dan juga Cristina dari Negara Ekuador. Igor yang 12 tahun sudah tinggal di Indonesia membawakan Tari Bali, sedangkan Cristina membawakan Tari Reog Ponorogo.

Rangkaian pertunjukan tari ditutup dengan Tari Soledo Gelangprojo yang merupakan tari kolaborasi perbatasan antar 3 Kabupaten yakni Kabupaten Magelang, Kabupaten Kulon Progo dan Kabupaten Purworejo.  

Nglinggo Soul Of The Mask ditutup dengan penampilan band asal Kulon Progo yakni, Guyon Waton. Membawakan 8 lagu, Guyon Waton mampu membuat wisatawan di Nglinggo ikut bernyanyi bersama.