Lestarikan Alam dan Tradisi! Dewi Purwosari Gelar Merti Kali

Lestarikan Alam dan Tradisi! Dewi Purwosari Gelar Merti Kali

  • Di publish tanggal 2019-11-27 15:14:49
  • in Berita
  • Telah dibaca 524

Warga Desa Wisata Purwosari menggelar upacara adat Merti Kali pada Selasa (26/11). Upacara ini digelar dalam rangka melestarikan tradisi dan lingkungan yang ada di Tegalsari, Purwosari, Girimulyo, Kulon Progo. Hadir dalam acara tersebut perwakilan dari Dinas Pariwisata DIY, Dinas Pariwisata Kulon Progo, Camat Girimulyo, perangkat desa dan warga dusun Tegalsari.

Dalam kegiatan ini semua warga berkumpul memanjatkan do’a bersama di pelataran Tuk Kali Nongko yang terletak di Tegalsari, Purwosari, Girimulyo, Kulon Progo. Hal ini dilakukan sebagai salah satu wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberi kenikmatan berupa air yang melimpah selama musim kemarau sehingga dapat mencukupi kebutuhan warga setempat. Dalam acara ini disuguhkan berbagai aneka masakan hasil olahan warga. 

Acara diawali dengan do'a bersama yang dipimpin oleh tokoh sesepuh Dusun Tegalsari, selanjutnya dilakukan proses penyiraman mata air dengan air yang sudah diberi do'a. Setelah do'a selesai dipanjatkan warga memperebutkan gunungan yang berisi buah dan hasil bumi. Acara dilanjutkan dengan pentas seni Tari Angguk Sekar Kencono dan jathilan Mudha Tama.

Sebelum diselenggarakannya Merti Kali, warga juga telah melakukan penanaman ribuan pohon gayam sebagai upaya pelestarian mata air.

Acara ini dikemas sebagai atraksi wisata desa wisata Purwosari yang diselenggarakan setiap setahun sekali. (nbp)