Kepala Dinas Pariwisata Kulon Progo Hadiri Penutupan Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata dan Daya Tarik Wisata di Desa Wisata Pandanrejo Purworejo

Kepala Dinas Pariwisata Kulon Progo Hadiri Penutupan Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata dan Daya Tarik Wisata di Desa Wisata Pandanrejo Purworejo

  • Di publish tanggal 2022-06-03 14:28:05
  • in Berita
  • Telah dibaca 66

Kepala Dinas Pariwisata Kulon Progo, Joko Mursito, S.Sn., M.A. hadiri acara Penutupan Kegiatan Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata dan Daya Tarik Wisata bertempat di Pendapa Anjangsifa, Desa Wisata Pandanrejo, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo pada Kamis (02/06).

Pelatihan yang diselenggarakan oleh Badan Pelaksana Otorita Borobudur (BPOB) bertujuan untuk membangun kesadaran para pelaku wisata untuk menerapkan Standard Operating Procedure (SOP) dalam mengelola sebuah destinasi wisata.

Direktur BPOB, Indah Juanita menyampaikan bahwa pelatihan ini merupakan bentuk untuk meminimalisir kegagalan para pelaku wisata dalam mengelola destinasi wisata.
"Gagal itu biasanya karena ada yang tidak konsisten, tidak ada tempat yang gagal kalau dikerjakan dengan konsisten dan bersama-sama, membentuk suatu destinasi pariwisata super prioritas itu harus bersama-sama," ungkap Indah Juanita.

Namun begitu, menuru Indah Juanita menuturkan keberhasilan sebuah destinasi wisata tetap tergantung kepada pelaku wisata.
Setelah pelatihan, pihaknya juga akan melakukan monitoring untuk memantau apakah para pelaku wisata tersebut masih konsisten menjalankan SOP yang diberikan dalam pelatihan.