Kembangkan Pariwisata Kedirgantaraan, Dinpar Kulon Progo Gelar Festival Paralayang Wisata

Kembangkan Pariwisata Kedirgantaraan, Dinpar Kulon Progo Gelar Festival Paralayang Wisata

  • Di publish tanggal 2021-12-02 10:27:15
  • in Berita
  • Telah dibaca 365

Puluhan pelayang dari berbagai kota di DIY-Jawa Tengah dan Bali ikut ambil bagian dalam Festival Paralayang yang dilaksanakan Dinas Pariwisata Kabupaten Kulon Progo Rabu (17/11/2021). Mereka mengaku puas bisa terbang dari puncak Giri Sembung, Banjarasri, Kalibawang yang cukup menantang dengan view perbukitan yang menarik. 

Ketua Pengurus Daerah (Pengda) Paralayang DIY, Alfari mengatakan, spot baru palayang dari Puncak Giri Sembung ini baru tiga bulan dibuka.Awalnya mereka mencari titik yang bisa untuk berlatih dan mengembangkan olah raga ini. Akhirnya ketemu tempat ini yang menghadap ke timur sehingga bisa sepanjang tahun untuk terbang. Sebelumnya, para atlet berlatih di Watu Gupit, Nglipar, Gunungkidul.

“Setelah survey kami lapor ke Lanud dan persyaratan bisa dipenuhi dan wilayah ini aman untuk kegiatan,” kata Alfari, Rabu (17/11/2021). Menurutnya, tempat ini menawarkan keindahan view yang menarik karena berada di atas perbukitan dan hamparan persawahan. Ketika terbang pagi akan melihat Gunung Merbabu dan Merapi di kejauhan, dan pantai di sisi selatan. Ketika agak siang juga bisa melihat Candi Borobudur dari atas. 

“Tempat ini cocok untuk kegiatan aerowisata. Wisatawan yang ingin terbang nanti bisa tandem,” katanya. Seorang pelayang asal Karanganyar Bintang Riski mengaku baru pertama kali terbang di tempat ini. Lokasinya cukup menantang, karena begitu take off ada jurang yang dalam dan ini menjadi sensasi tersendiri.  

“Saya sudah terbang di delapan lokasi, dan rempat ini cukup menantang,” kata siswa SMA Karangpandan, Karanganyar ini.  Pengurus Asita DIY Meira Marianti mengaku sudah mencoba terbang dalam paralayang ini. Menurutnya sensasi terbang di atas perbukitan cukup menantang. Begitu terbang dia menemukan keindahan alam dari atas.
“Awalnya takut, tetapi begitu terbang keren sekali. Bukitnya indah, hamparan sawah ini bisa dikembangkan untuk daya tarik wisata,” katanya. 

Wakil Bupati Kulon Progo Fajar Gegana mengapresiasi kegiatan Festival Paralayang ini untuk mengangkat potensi wisata baru di Kulon Progo. Harapannya potensi ini bisa berkembang menjadi destinasi yang fenomenal yang bisa untuk mendukung pemberdayaan masyarakat. 

“Ketika even di sini sudah rutin, nanti akan banyak wisatawan datang. Ini harus dikembangkan agar pemberdayaan masyarakat juga dapat,” katanya.

Kepala Dinas Pariwisata Kulon Progo, Joko Mursito mengatakan, Festival ini dibiayai dari Dana Keistimewaan DIY. Ke depan potensi wisata Paralayan ini akan terus dikembangkan dengan penambahan fasilitas yang ada. Harapannya potensi ini bisa menggerakkan ekonomi masyarakat dan pemberdayaan masayrakat.

“Ini menjadi variasi baru wisata di Kulon Progo, yang akan kami dukung dan kembangkan sebagai wisata minat khusus,” katanya.

Artikel ini telah tayang di yogya.inews.id dengan judul " Puluhan Pelayang Hiasi Langit Kulon Progo, Paralayang Jadi Destinasi Wisata Baru ", Klik untuk baca: https://yogya.inews.id/berita/puluhan-pelayang-hiasi-langit-KulonProgo-paralayang-jadi-destinasi-wisata-baru/all.