Kembangkan CBT di Banjararum, Komunitas Merdesa Berharap Dukungan Pemkab Kulon Progo

Kembangkan CBT di Banjararum, Komunitas Merdesa Berharap Dukungan Pemkab Kulon Progo

  • Di publish tanggal 2021-08-10 11:57:17
  • in Berita
  • Telah dibaca 128

Pariwisata yang memberikan manfaat sebesar-besarnya kepada masyarakat merupakan tujuan dari pengembangan pariwisata berbasis masyarakat atau Community Based Tourism (CBT). CBT dibangun dengan merangkul komunitas sebagai pelaku utama untuk memberdayakan masyarakat.

Salah satu komunitas di Kulon Progo yang tengah mengembangkan CBT adalah Komunitas Merdesa. Komunitas ini dibentuk oleh masyarakat Pedukuhan Kedondong Satu, Kalurahan Banjararum, Kapanewon Kalibawang.

Pada Senin (9/8/2021) Komunitas Merdesa melakukan audiensi dengan Bupati Kulon Progo, Drs. H. Sutedjo didampingi Kepala Dinas Pariwisata Kulon Progo, Joko Mursito, S.Sn., M.A. bertempat di Kantor Bupati Komplek Pemerintah Kabupaten Kulon Progo.

Komunitas Merdesa berharap mendapat dukungan dan perhatian dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) khususnya Dinas Pariwisata dalam upaya mereka membangun pariwisata di Kalurahan Banjararum. 

Kepala Dinas Pariwisata Kulon Progo, Joko Mursito, S.Sn., M.A mengapresiasi semangat Komunitas Merdesa ini karena telah berhasil membangun jembatan bambu sepanjang 20 meter untuk menyebrangi Sungai Klegung secara swadaya.

“Kami sangat mengapresiasi semangat Komunitas Merdesa ini, shingga kedepannya kami akan mensinergikan kegiatan kami dengan mereka.” ungkap Joko Mursito.