Gala Premier Nusabrata Inovasi Mengangkat Potensi Pariwisata dan Ekraf di Kabupaten Kulon Progo

Gala Premier Nusabrata Inovasi Mengangkat Potensi Pariwisata dan Ekraf di Kabupaten Kulon Progo

  • Di publish tanggal 2021-09-22 14:25:09
  • in Berita
  • Telah dibaca 138

Dalam rangka mengangkat Potensi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang ada, Pemerintah Kabupaten Kulon Progo melalui Dinas Pariwisata menyelenggarakan Gala Premier Nusabrata yang digelar di Auditorium TBK (Taman Budaya Kulon Progo), dengan tetap menerapkan protokol Kesehatan secara ketat, antara lain dengan cek suhu, memakai masker dan menjaga jarak. 

Acara yang digelar Sabtu (18/9), ini sekaligus sebagai simulasi protokol kesehatan dalam pemutaran film. Film Nusabrata merupakan film yang diperankan oleh para pejabat Pemkab Kulon Progo, yang bertujuan untuk mensinergikan dan mengkolaborasikan seluruh komponen Organisasi Pemenrintah Daerah (OPD) dalam rangka mendukung pengembangan kepariwisataan dan menggeliatkan industri ekonomi kreatif yang ada melalui produksi film di Kulon Progo.

Gala Premier Nusabrata : Gala Premier Nusabrata Inovasi Mengangkat Potensi Pariwisata dan Ekraf di Kabupaten Kulon Progo


Acara diawali tasyakuran oleh Bupati Kulon Progo Drs. H. Sutedjo ditandai dengan pemotongan tumpeng, sebagai tanda syukur telah selesainya produksi film Nusabrata, dilanjutkan penayangan perdana di Gedung TBK, dan diakhir acara ada penganugerahan Nusabrata Award yang diberikan kepada para pemain yang terpilih mendapat penghargaan.

Dengan produksi film ini diharapkan OPD semakin solid bersatu dalam pengembangan pariwisata dan dapat meningkatkan ekonomi kreatif, sehingga memajukan kepariwisataan dan kesejahteraan. Melalui produksi film ini, Sineas Kulon Progo diharapkan semakin kreatif dalam mengangkat Kulon Progo melalui karya film.

Selain Film Nusabrata, pada kesempatan ini juga diputar film Dolan Mulia dan Menoleh Menoreh yang juga untuk mengangkat potensi pariwisata Kulon Progo.

Apresiasi juga datang dari beberapa tokoh seperti Sutradara kawakan,Hanung Bramantyo, Aktor Nasional, Reza Rahardian, Humas Polda DIY, Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si. hingga Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kulon Progo, Joko Mursito, S.Sn., M.A., mengatakan bahwa masing-masing film mengangkat cerita yang berbeda-beda. 

Film Dolan Mulia menceritakan masa remaja yang berusaha untuk mengeksplorasi kondisi wisata di Kulon Progo dengan keindahan alam dan budayanya. Kemudian Film Menoleh Menoreh mengingatkan terhadap potensi yang dimiliki oleh Kulon Progo. 

Selanjutnya, Film Nusabrata yang merupakan akronim dari Manunggal Sedya Mbraya Pariwisata menggambarkan keterpaduan seluruh unsur di dalam mengembangkan kepariwisataan untuk mewujudkan pariwisata kolaboratif berbasis budaya dan berkelas dunia.

"Jadi pariwisata tidak bisa dijalankan sendiri oleh Dinpar. Melainkan butuh keterpaduan dari berbagai elemen sehingga konsepnya membangun pariwisata secara bersama-sama," terangnya, Sabtu (18/9/2021).

Film-film tersebut juga memiliki segmentasi penonton yang berbeda-beda. Terutama untuk film Nusabrata memiliki segmentasi khusus terlebih pemainnya melibatkan seluruh kepala organisasi perangkat daerah (OPD) setempat. 

Sementara itu, Bupati Kulon Progo, Sutedjo, mengapresiasi Dinpar Kulon Progo yang telah melaunching 3 judul film tersebut yang dapat membawa penonton untuk melihat berbagai potensi yang ada di Kulon Progo.  Sehingga ia berharap ke depannya ada film-film lain yang bisa diproduksi lagi untuk memajukan Kulon Progo. 

Terlibat di dalam pembuatan film juga menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi Sutedjo. Dikarenakan harus menyesuaikan alur cerita yang sudah ditentukan di dalam naskah tersebut. Berbeda ketika memainkan peran di ketoprak dan dagelan yang memiliki keleluasaan untuk improvisasi.

"Namun karena tujuannya untuk memotivasi teman-teman supaya semangat dalam memproduksi film sehingga kami siap. Apalagi di Kulon Progo sebelumnya sudah ada sekolah film sehingga saya berharap kualitas produksi film ke depannya semakin baik," ucapnya.