Dinpar Kulon Progo Ajak Pelaku Wisata Tak Panik Hadapi Virus Corona

Dinpar Kulon Progo Ajak Pelaku Wisata Tak Panik Hadapi Virus Corona

  • Di publish tanggal 2020-03-13 09:28:21
  • in Berita
  • Telah dibaca 428

Dinas Pariwisata Kabupaten Kulon Progo selenggarakan sosialisasi COVID-19 / Corona Virus Disease 2019 kepada para pelaku wisata di Kulon Progo. Sosialisasi ini bertujuan untuk mengimbau para pelaku wisata untuk tidak terlalu berlebihan dalam menghadapi Covid-19.

Bupati Kulon Progo, Drs. H. Sutedjo berpesan kepada seluruh pelaku wisata :

“Jangan sampai ada kesan setiap wisata mancanegara (wisman) membawa Virus Corona, tentunya para wisatawan asing yang masuk di Indonesia sudah melalui proses pemeriksaan saat di bandara atau di setiap lokasi yang ada pengecekan kesehatan,”

Pada kesempatan ini, Dra. Niken Probo Laras S.Sos., M.H selaku Kepala Dinas Pariwisata Kulon Progo memaparkan seluruh potensi wisata di setiap kapanewon di Kulon Progo. Beliau juga berpesan kepada para hadirin untuk tetap waspada namun jangan takut kepada virus corona ini.

Setelah itu, dilanjutkan dengan sesi utama yaitu penjelasan dari Plt. Kepala Dinas Kesehatan, Dr. Sri Budi Utami M.Kes, mengenai virus corona serta bagaimana cara kita mencegah dan menyikapinya.

Dalam penjelasan tersebut, beliau menerangkan bahwa tanda gejala umum COVID-19 yaitu mengalami gangguan pernapasan akut; demam, batuk, sesak napas dan dalam proses selanjutnya rontgen menunjukkan infiltrate pneumonia luas di kedua paru-paru. Yang paling beresiko tertular virus ini yakni para lansia, orang dengan penyakit endoktrin seperti kanker, gula dan gangguan imunitas/kekebalan tubuh dan juga yang mengalami kontak erat dengan para penderita yang sudah tertular virus corona.

Lantas, apa yang harus dilakukan oleh kita sebagai upaya pencegahan tertularnya COVID-19 ini?

Sri Budi Utami mengungkapkan bahwa Virus Corona ini dapat kita cegah dengan ;

  1. Deteksi dini di pintu masuk suatu wilayah/negara.
  2. Melakukan setiap Health advice / saran kesehatan yang bisa kita lakukan seperti :
  • Membersihkan/mencuci tangan secara rutin
  • Menutup mulut dan hidung ketika bersin atau batuk
  • Menggunakan masker
  • Memperkuat daya kekebalan tubuh dengan menerapkan pola hidup sehat seperti makan makanan sehat, olahraga teratur, istirahat yang cukup dan minum vitamin bila perlu

Sosialisasi ini bermaksud agar para pelaku pariwisata dapat memahami, mencegah serta menyikapi merebaknya COVID-19. Harapannya, para pelaku pariwisata Kulon Progo tidak panik apabila terdapat kunjungan wisatawan khususnya wisatawan asing.  

PUSAT INFORMASI VIRUS CORONA DINAS KESEHATAN KULON PROGO : 081353914515