BOB Ajak Pelaku Wisata Lestarikan Lingkungan

BOB Ajak Pelaku Wisata Lestarikan Lingkungan

  • Di publish tanggal 2019-12-13 08:14:30
  • in Berita
  • Telah dibaca 246

Pelaku usaha wisata, desa wisata, pokdarwis, pemerintah desa  dari Nglinggo, dan Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh mengikuti bimbingan teknis  “Strategi Peningkatan Kualitas Atraksi Wisata untuk Para Pelaku Usaha Pariwisata yang Berada di Sekitar Zona Otoritatif Badan Otorita Borobudur”. Bimtek diselenggarakan oleh Badan Otorita Borobudur, Selasa (10/12) di lokasi Glamping d’Loano.

Dalam acara bimtek tersebut ada dua materi yang disampaikan. Pertama, Strategi Desa Wisata Pentingsari dalam menjaga kearifan lokal  untuk pariwisata berkelanjutan yang disampaikan oleh Ketua Desa Wisata Pentingsari, Doto Yogantoro. Kedua, Pengenalan ecoprint sebagai cinderamata berkualitas  disampaikan oleh Dr. Kun Budiasih dari UNY.

Ecoprint merupakan teknik pewarnaan kain secara alami dengan cara menempelkan daun atau bunga ke permukaan kain yang diinginkan. Selain prosesnya sederhana, teknik ini tidak menggunakan mesin sehingga sangat ramah lingkungan. Teknik ecoprint diharapkan dapat diterapkan dan dikembangkan dalam pembuatan souvenir atau oleh-oleh khas bagi wisatawan.

Selain menyelenggarakan bimtek, BOB juga melakukan penanaman pohon konservasi air seperti Gayam dan Preh sebagai wujud komitmen dan dukungan terhadap pelestarian lingkungan dan pariwisata berkelanjutan. Penanaman pohon di area d’Loano diharapkan dapat memunculkan mata air baru di wilayah yang berada dibawahnya, terlebih di wilayah Nglinggo dan sekitarnya.

Selain ditanam, beberapa bibit pohon juga dibagikan kepada perwakilan peserta dari desa wisata.

Para peserta terlihat sangat antusias mendengarkan penuturan narasumber, berdiskusi, dan mengikuti praktik pembuatan ecoprint. (ret)