SOSIALISASI STANDARISASI UJP UNTUK USAHA RUMAH MAKAN DAN RESTORAN

SOSIALISASI STANDARISASI UJP UNTUK USAHA RUMAH MAKAN DAN RESTORAN

  • Di publish tanggal 2018-10-18 12:38:51
  • in Berita
  • Telah dibaca 37

Dalam rangka menyiapkan keberadaan New Yogyakarta International Airport (NYIA) serta kedatangan para wisatawan, Dinas Pariwisata Kabupaten Kulon Progo terus berupa meningkatkan kualitas usaha jasa pariwisata. Terlebih dengan target 20 juta wisatawan mancanegara di destinasi Candi Borobudur, maka mau tak mau standar yang dituju adalah internasional.

Salah satu kegiatan yang dilakukan Dinas Pariwisata Kabupaten Kulon Progo adalah Sosialisasi Standarisasi Usaha Jasa Untuk Usaha Rumah Makan dan Restoran. Sosialisasi ini merupakan upaya dalam meningkatkan kualitas usaha jasa pariwisata baik pemenuhan standar usaha dan kualitas pelayanannya. Kegiatan ini diselenggarakan pada Rabu, 17 Oktober 2018 di Ruang Sermo, Gedung Binangun I, Komplek Pemerintah Kabupaten Kulon Progo.

Kepala Dinas Pariwisata, Dra. Niken Probo Laras, S,Sos, MH  memberikan sambutan  dalam acara sosialisasi tersebut, sekaligus membuka secara resmi. Niken Probo Laras menyatakan kedatangan wisatawan, khususnya wisatawan mancanegara mau mau tak mau menuntut pelaku usaha di bidang rumah makan dan restoran menyesuaikan dengan standar wisatawan. Bukan hanya terkait makanan dan minuman yang disajikan; tetapi juga pelayanan, kebersihan, penyambutan, gizi dan sebagainya. 

Kepala Seksi Usaha Jasa Pariwisata Bidang Pemberdayaan Pariwisata, Endah Supeni, A.Md menyatakan bahwa sosialisasi ini menghadirkan narasumber dari  LSUP Bhakti Mandiri Wisata, yakni Hairullah Gazali, SE, MBA dengan materi Pelayanan Prima; serta Yunus Sambodo, SE menyampaikan materi Standarisasi Usaha Rumah makan dan Restoran.  Acara Sosialisasi ini diikuti kurang lebih 50 orang yang  terdiri dari para  pemilik Rumah makan dan karyawannya.