Sinergi Pemerintah Kabupaten dan Bank BPD DIY Untuk Wujudkan Transaksi Digital Di Destinasi Wisata Kulon Progo

Sinergi Pemerintah Kabupaten dan Bank BPD DIY Untuk Wujudkan Transaksi Digital Di Destinasi Wisata Kulon Progo

  • Di publish tanggal 2021-04-13 10:00:07
  • in Berita
  • Telah dibaca 257

Sebagai langkah meningkatkan layanan dalam transaksi digital di sektor pariwisata Kulon Progo, Bank BPD DIY serahkan QRIS Ultimate Automated Transaction (QUAT) dan bantuan dari program Corporate Social Responsibility (CSR) kepada destinasi wisata se Kabupaten Kulon Progo. Penyerahan dilakukan secara simbolis bertempat di destinasi wisata Mangrove Pasir Kadilangu, Kalurahan Jangkaran, Kapanewon Temon pada Rabu (07/08).

Hadir dalam acara tersebut Bupati dan Wakil Bupati Kulon Progo, Ketua DPRD Kulon Progo, Kepala Dinas Pariwisata Kulon Progo, jajaran direksi Bank BPD DIY, Lurah Jangkaran, Lurah Kadilangu serta pengelola destinasi wisata Mangrove Pasir Kadilangu.

Direktur Utama Bank BPD DIY, Santoso Rohmad mengatakan sinergitas antara Bank BPD DIY dan Pemerintah Kabupaten Kulon Progo ini bertujuan untuk meningkatkan animo transaksi digital di masyarakat terutama di masa pandemi Covid-19 ini yang mengharuskan masyarakat untuk meminimalisir kontak fisik.

Santoso Rohmad turut menuturkan bahwa pihaknya tengah berusaha agar QUAT menjadi standar transaksi baik di pemerintahan hingga Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM).

“Di Kulon Progo kami menargetkan semua destinasi wisata, semua transaksi di pemerintahan, kemudian nanti juga kami akan menyasar UMKM.” jelas Santoso Rohmad.
Sementera itu, Pimpinan BPD DIY Cabang Wates, Didit Respati menjelaskan bahwa QUAT merupakan bentuk sinergitas antara Pemerintah Kabupaten Kulon Progo melalui Dinas Pariwisata dengan Bank BPD DIY.  

“Hingga saat ini QUAT sudah tersebar di 8 destinasi wisata yang dikelola pemerintah kabupaten dan 16 destinasi yang dikelola oleh masyarakat.” ungkap Didit Respati

Senada dengan Didit Respati, Kepala Dinas Pariwisata Kulon Progo, Joko Mursito, S.Sn., M.A. mengatakan bahwa pihaknya berterima kasih atas dukungan dari Bank BPD DIY dan juga kedepannya berharap bahwa program QUAT ini didukung oleh OPD terkait.

“Kami berterimakasih atas dukungan dari Bank BPD DIY yang talah mendukung pergerakan di destinasi wisata dimana program QUAT ini harus didukung oleh berbagai pihak utamanya di masa pandemi ini karena kita harus mengurangi transaksi secara langsung.” jelas Joko Mursito.

“Kedepannya kami bersama BPD DIY akan menerapkan program QUAT ini di seluruh destinasi wisata di Kulon Progo dengan menggandeng pihak terkait untuk mengatasi ketersediaan jaringan internet di destinasi bagian utara Kulon Progo.” tutup Joko Mursito