Puncak Proman yang Menawan

Puncak Proman yang Menawan

  • Di publish tanggal 2020-03-11 09:08:00
  • in Wisata Alam
  • Telah dibaca 344

Pariwisata di Kabupaten Kulon Progo tengah menggeliat. Berbagai destinasi wisata dengan tema dan karakter masing-masing terus bermunculan. Dan semuanya itu telah mampu menyedot perhatian wisatawan, tak hanya yang berasal dari DIY, namun juga dari berbagai daerah di tanah air bahkan mancanegara.

Salah satu destinasi wisata di Kulon Progo yang akhir-akhir ini banyak dilirik para wisatawan adalah kawasan Nglinggo-Tritis. Tempat satu ini banyak dikunjungi wisatawan guna menghabiskan waktu liburan sekaligus melepas penat.

Lebih dari itu objek satu ini menjadi “ajang” guna mengasah keahlian di bidang fotografi, maupun tempat mengabadikan diri untuk mengisi konten media sosial (medsos) di kalangan milenial. Karena memang tempat satu ini sangat instagramable.

Banyak daya tarik wisata menawan yang dapat  dikunjungi di kawasan ini. Sebut saja hamparan hijau kebun teh Nglinggo-Tritis, Air Terjun Grojogan Sewu, Bukit Ngisis, Gardu Pandang Gunung Jaran,  Puncak Widosari, dan yang terbaru adalah Puncak Proman.

Puncak Proman berdiri diatas Bukit Proman yang berada di Pedukuhan Tritis, Kelurahan Ngargosari, Samigaluh. Letaknya  tidak terlalu  jauh dari Puncak Widosari. Wisatawan dapat mengakses objek wisata ini dengan kendaraan roda empat maupun roda dua. Terdapat tempat parkir yang cukup luas di sekitar pintu masuk Puncak Proman.

Terdapat jalan setapak dengan puluhan anak tangga yang siap mengantar untuk mencapai Puncak Proman. Jaraknya sekitar 100 meter dari bawah. Meski rasa letih menghampiri  saat mendaki anak tangga tersebut, semua itu akan terbayar ketika sudah sampai di atas.

Hijaunya lanskap Perbukitan Menoreh bagian utara dan pemandangan alam berhiaskan gunung-gunung yang menjulang tinggi  ditambah sejuknya semilir angin akan membuat kagum siapapun. Terlebih jika wisatawan  datang di pagi hari. Sunrise akan terlihat cantik dari Puncak Proman.

Selain menikmati suasana alamnya, wisatawanpun dapat mengabadikan potret diri mereka di beberapa spot yang  dibangun. Tak hanya spot untuk berfoto, fasilitas pendukung lainnya juga tersedia. Ada toliet, gasebo, juga kios-kios penjual makanan. Penasaran...? Ayo segera bertamasya ke Kulon Progo. (ret)

Map Puncak Proman yang Menawan