POKDARWIS PAGERHARJO RAIH JUARA HARAPAN 1 TINGKAT DIY

POKDARWIS PAGERHARJO RAIH JUARA HARAPAN 1 TINGKAT DIY

  • Di publish tanggal 2019-04-03 10:15:14
  • in Berita
  • Telah dibaca 78

Pada Selasa (2/3) bertempat di Desa Wisata Kelor, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman diselenggarakan pemberian penghargaan Lomba Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) oleh Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta. Lomba Pokdarwis ini berlangsung dari tanggal 1 – 15 Maret 2019 dan diikuti oleh perwakilan Pokdarwis dari masing-masing kabupaten/kota dengan juri dari kalangan profesional, media, asosiasi biro perjalanan, praktisi Pokdarwis dan Akademisi.

Hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta, Kepala Dinas Parwisata Sleman, Kepala Dinas Pariwisata Kulon Progo beserta jajaran, perwakilan Dinas Pariwisata Bantul, Perwakilan Dinas Parwisata Gunung Kidul dan peserta lomba Pokdarwis. Dalam lomba tersebut Kulon Progo diwakili oleh Pokdarwis Arum Jaya dari Kecamatan Kalibawang, Pokdarwis Hargomukti dari Kecamatan Kokap dan Pokdarwis Pagerharjo dari Kecamatan Samigaluh.

Dari belasan Pokdarwis yang mengikuti lomba, juri memilih 6 Pokdarwis sebagai juara 1 hingga juara harapan 3. Kulon Progo berhasil mendapat juara harapan 1 yang dimenangkan oleh Pokdarwis Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh. Pokdarwis Desa Pagerharjo mendapatkan hadian berupa trofi, sertifikat dan uang tunai Rp. 6.000.000. Juara 1 diperoleh oleh Pokdarwis Tlatar Seneng dari Kabupaten Sleman.

Kepala Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta dalam sambutannya menekankan bahwa peran Pokdarwis sangat vital bagi penerapan Sapta Pesona di destinasi wisata. “Dalam perlombaan semacam ini, untuk yang mendapat penghargaan maupun yang belum, punya tantangan tersendiri tentang bagaimana Pokdarwis menjalankan fungsinya.” ungkap beliau. Juara 1 lomba Pokdarwis ini akan mewakili Daerah Istimewa Yogyakarta ke lomba tingkat nasioanal.