Pantai Trisik

Pantai Trisik

  • Di publish tanggal 2017-06-02 13:54:38
  • in Wisata Alam
  • 0 comments

Pantai Trisik terletak di arah tenggara Kulon Progo tepatnya di Banaran, Galur (kira-kira 20 Km dari Wates dan 30 km dari Jogja). Pantai ini adalah tempat yang bagus untuk menikmati keindahan cakrawala laut lepas di saat sunrise dan sunset. Pantai Trisik merupakan pantai yang landai berupa hamparan pasir hitam yang halus. Kawasan  Pantai Trisik dibatasi oleh muara Sungai Progo di sebelah timur, sungai yang menjadi batas alam Kabupaten Kulon Progo dengan Kabupaten Bantul. Ke arah barat, sejauh mata memandang akan tampak bentangan pantai yang seolah tanpa batas. Pantai Trisik menjadi tempat para nelayan mendaratkan perahu. 

 

Selain pemandangan pantai, di sisi Timur Laut juga terdapat laguna-laguna yang dimanfaatkan oleh penduduk setempat untuk budidaya perikanan (bandeng dan nila). Tidak jauh dari Pantai Trisik terdapat Muara Sungai Progo yang terletak di sebelah timur kawasan Pantai Trisik. Kawasan muara ini sering menjadi tempat untuk pengamatan burung dan lokasi penangkaran habitat penyu yang dikelola swadaya oleh masyarakat. Wisatawan juga bisa berkunjung ke Desa Wisata Pantai Imorenggo tidak jauh dari Pantai Trisik dimana terdapat agrowisata buah naga dan pertanian lahan pasir, kerajinan enceng gondhok dan kehidupan nelayan pantai laut selatan.

Pada setiap tanggal 1 Syuro bulan Jawa, di pantai ini diselenggarakan labuhan sedekah laut untuk memohon keselamatan para nelayan. 

Lebih kurang 1 Km ke arah barat dari lokasi TPI terdapat tempat yang dinamakan Pandan Segegek, berupa gumuk pasir yang ditumbuhi rumpun pandan. Tempat ini biasa dikunjungi pada malam 1 Syuro, setiap malam Selasa Kliwon dan malam Jum’at Kliwon.

Retribusi Objek Wisata Pantai Trisik:

- Pengunjung: Rp. 5.000,- (per orang)

Map Pantai Trisik