MERTI DUSUN DAN LABUHAN DUSUN IMORENGGO

MERTI DUSUN DAN LABUHAN DUSUN IMORENGGO

  • Di publish tanggal 2019-04-13 14:00:08
  • in Berita
  • Telah dibaca 37

Bentuk rasa syukur kepada Tuhan dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya yang dilakukan warga Dusun Imorenggo, Desa Karangsewu, Kecamatan Galur, Kabupaten Kulon Progo adalah melaksanakan Merti Dusun dan Labuhan pada Sabtu (13/4). Sempat terkendala cuaca sehingga membuat waktu persiapan melonggar, namun acara Merti Dusun hari tersebut berjalan lencar dengan cuaca cerah.

Dalam acara tersebut, warga Imorenggo memanggul "gunungan" (susunan dari sayuran, palawija dan buah berbentuk kerucut) setinggi 2,5 meter yang tersusun dari aneka sayuran, palawija dan buah. Acara dibuka dengan membaca basmalah dilanjutkan sambutan dari Eyang Panji Rekso Samudro selaku pemangku adat, Solihin selaku Kepala Dukuh, Sariman selaku wakil dari Pemerintah Kecamatan Galur dan sambutan terakhir oleh, Niken Probo Laras selaku Kepala Dinas Pariwisata Kulon Progo.

"Saya berharap acara Merti Dusun dan Labuhan bisa dilaksanakan secara rutin, sehingga bisa menjadi daya tarik wisata di Dusun Imorenggo dan menjadi bagian calendar of event di Kulon Progo." harap Niken, dalam sambutannya. 

 Acara diakhiri dengan do'a bersama kemudian tumpeng (nasi berbentuk kerucut) dan "gunungan" diarak menuju pantai sehingga tumpeng bisa dilabuh (dihanyutkan ke laut) dan "gunungan" bisa diperebutkan oleh warga dan wisatawan yang sedang berkunjung. Menurut kepercayaan masyarakat Jawa, orang yang berhasil mendapat sayuran atau buah dari gunungan yang sudah dido'akan akan mendapat keberuntungan. (ydn)

Map MERTI DUSUN DAN LABUHAN DUSUN IMORENGGO