MERIAHNYA GLAGAH 5 K #TROPICOLORUN MERAIH ANIMO MASYARAKAT

MERIAHNYA GLAGAH 5 K #TROPICOLORUN MERAIH ANIMO MASYARAKAT

  • Di publish tanggal 2018-04-30 12:31:38
  • in Berita
  • Telah dibaca 154

Event nasional Glagah 5 K #TROPICOLORUN yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Kulon Progo pada tanggal 29 April 2019 berlangsung sangat seru dan meriah. Terbukti dengan antusiasme peserta yang sangat membeludak. Event ini diikuti lebih dari 1000 peserta yang berasal  dari dalam maupun luar DIY seperti Bali, Cilacap, Purworejo, Demak, Semarang, Solo dan lain lain.

Pukul 06.00 WIB para peserta sudah mulai berdatangan di sekitar Laguna pantai Glagah untuk mengikuti acara formal yakni mendengarkan laporan penyelenggara oleh Kadinas Pariwisata KP yg diwakili oleh Kabid Pemsaran Pariwisata Drs. Yudono Hindri Atmoko,  sambutan dari Bupati Kulon Progo yang diwakili oleh Kepala Dinas Pendidikan Drs. Sumarsana, M.Si. dan juga General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Adisutjipto Agus Pandu Purnama.

Sebelum start peserta disuguhi tarian Topeng Ireng sebagai penyemangat. Bendera start dikibarkan pada pukul 06.55 WIB dan para peserta mulai berlari mengikuti rute sejauh 5 kilometer yakni rute jalan raya yang melewati area pembangunan New Yogyakarta International Airport (NYIA) dan bibir Pantai Glagah. Best Time Finisher diraih oleh Rahmad Setya Budi dengan catatan waktu 22 menit 20 detik. Setelah melewati garis finish peserta diarahkan untuk berlari melewati bazar UMKM yang juga merupakan arena color festival untuk melihat produk lokal asli Kulon Progo dan merasakan sensasi asiknya ditaburi dengan color powder. Keindahan lima warna-warni bubuk warna ini digambarkan sebagai gambaran indahnya pesona alam tropis Kulonprogo.

Dengan hanya membayar pendaftaran sebesar Rp.35.000, peserta mendapatkan fasilitas race pack yang berisi AirKu (produk air mineral Kulon Progo), salak Girimulyo (buah tropis khas Kulon Progo) dan juga kaos eksklusif. Ditampilkannya traditional dance performance, electronic dance music, Zumba dan juga aneka doorprize menambah keseruan dan kemeriahan event ini. Kabid Pemasaran Dispar Kulon Progo, Yudono Hindri Atmoko, mengatakan bahwa acara ini digelar untuk menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Pantai Glagah. "Harus dirangsang lagi agar wisatawan berkunjung ke Kulon Progo. Saat bandara NYIA selesai dibangun, wisatawan sudah terbiasa berkunjung ke Kulon Progo," katanya.

Melihat animo masyarakat yang sangat luar biasa terhadap event ini, rencananya event ini akan dijadikan event tahunan guna mendongkrak jumlah wisatawan yang datang ke obyek wisata di Kulon Progo.