Masuk dan Keluar DIY Wajib Rapid Test Antigen

Masuk dan Keluar DIY Wajib Rapid Test Antigen

  • Di publish tanggal 2020-12-19 11:48:53
  • in Berita
  • Telah dibaca 678

Dalam upaya meminimalisir penyebaran virus Covid-19 dalam menyambut libur Hari Natal dan Tahun Baru, pemerintah mewajibkan kepada para penumpang kereta api dan pesawat terbang jarak jauh untuk melakukan rapid test antigen maksimal 2x24 jam sebelum melakukan keberangkatan.

Atas dasar kebijakan tersebut, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwono X mewajibkan masyarakat yang hendak masuk dan keluar Daerah Istimewa Yogyakarta untuk melakukan rapid test antigen atau swab PCR.

"Bagi mereka yang melaksanakan perjalanan bulan Desember ini, wajib rapid tes antigen atau swab. Jadi mau enggak mau harus dilaksanakan karena itu berlaku di seluruh nasional," ungkap Sultan dalam jumpa pers Jum'at (18/12) 

Sultan turut menuturkan bahwa pihaknya tidak akan mengeluarkan Surat Edaran terkait kewajiban rapid test antibodi bagi warga Yogya yang hendak berpergian dan warga yang masuk DIY ini, karena menurut Sultan kewajiban tersebut sudah otomatis berlaku sesuai aturan pemerintah pusat.

Sampai dengan tulisan ini dibuat, DIY mencatatkan 9071 kasus positif Covid-19 dengan rincian, 2788 masih dalam perawatan, 179 meninggal dunia dan 6104 telah sembuh.

Untuk itu kami menghimbau kepada #SahabatWisata untuk selalu disiplin menjalankan 4M  yaitu Mencuci Tangan Dengan air Mengalir dan Sabun, Memakai Masker, Menjaga Jarak dengan orang lain dan Menghindari Kerumunan.