Kulon Progo Siap Kembangkan Branding Panggung Geowisata Purba Dunia

Kulon Progo Siap Kembangkan Branding Panggung Geowisata Purba Dunia

  • Di publish tanggal 2021-05-03 13:44:30
  • in Berita
  • Telah dibaca 214

Kabupaten Kulon Progo yang kaya akan potensi wisata alam akan mengembangkan branding sebagai panggung geowisata purba dunia.

Kepala Dinas Pariwisata Kulon Progo, Joko Mursito, S.Sn., M.A. menuturkan bahwa Kulon Progo mempunyai 5 situs geowisata yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan akan dikembangkan dengan konsep pariwisata kolaboratif yang berbasis budaya berkelas dunia.

Adapun lokasi kelima geowisata di Kawasan Perbukitan Menoreh yang ditetapkan Kemeterian ESDM adalah Gunung Kendil - Suroloyo, Puncak Widosari yang terletak di Kapanewon Samigaluh, Formasi Eosen Kapanewon Nanggulan - Kapanewon Kalibawang, Gua Kiskendha Kapanewon Girimulyo dan Tambang Mangan Kliripan-Karangsari di Kapanewon Kokap.

"Konsep dasarnya adalah konservasi dengan memelihara dan melestarikan sejumlah titik gua dan gunung purba di Perbukitan Menoreh. Lalu ada unsur pengembangan dalam kerangka kemasan wisata edukasi," tutur Joko Mursito.

Oleh sebab itu, Joko Mursito, S.Sn., M.A. meminta masyarakat untuk diberi edukasi mengenai pentingnya menjaga kelestarian lingkungan dan alam dengan menerbitkan peraturan desa tentang konservasi yang isinya larangan berburu burung dengan sanksi yang tegas.