Kembangkan SDM Pariwisata, Dinas Pariwisata Kulon Progo Gelar Pelatihan Pemandu Arung Jeram

Kembangkan SDM Pariwisata, Dinas Pariwisata Kulon Progo Gelar Pelatihan Pemandu Arung Jeram

  • Di publish tanggal 2020-11-04 13:19:57
  • in Berita
  • Telah dibaca 201

Wisata minat khusus Arung Jeram semakin banyak diminati, Kulon Progo sendiri memiliki potensi wisata arung jeram yaitu di arus Sungai Progo. Sadar akan potensi itu, Dinas Pariwisata Kulon Progo bekerjasama dengan FAJI ( Federasi Arung Jeram Indonesia ) selenggarakan Pelatihan Pemandu Wisata Arung Jeram Kulon Progo guna membentuk para pemandu yang kompeten dan profesional. Pelatihan ini diselenggarakan selama 3 hari mulai pada Selasa (03/11) s.d Kamis (05/11) di Basecamp Arus Progo, Kisik Kreo, Banjararum, Kalibawang. Pelatihan ini diikuti oleh puluhan pemandu wisata arung jeram dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Pelatihan Pemandu Wisata Arung Jeram ini dibuka langsung oleh bapak Asisten Sekretaris Daerah Bidang Perekonomian Pembangunan dan Sumber Daya Alam K, Ir. Bambang Tri Budi Harsono, MM. Dilanjutkan dengan paparan tentang kepariwisataan oleh Kepala Dinas Pariwisata Kulon Progo, Joko Mursito S,Sn.,MA. 

Dalam pelatihan ini, para peserta mendapatkan materi dasar dan teknis arung jeram, materi safety code wisata petualangan tirta, self rescue, geomorfologi sungai dan juga diberikan sesi diskusi tanya jawab.

Di hari ketiga pelatihan, para peserta diberi kesempatan untuk praktik langsung menerapkan ilmu arung jeram. Pengarungan dimulai dari titik start jembatan gantung sampai Jeram Bego kemudian melanjutkan pengarungan sampai di titik finish.