Kedung Pedut

Kedung Pedut

  • Di publish tanggal 2018-01-26 09:19:13
  • in Wisata Alam
  • Telah dibaca 230

Kedung Pedut. Kedung Pedut adalah salah satu wisata alam yang akhir-akhir ini digandrungi banyak pengunjung terutama kawula muda. Bahkan wisatawan asing sudah banyak mengunjungi objek wisata yang dibuka sejak Februari 2015 ini. Lokasi Kedung Pedut terletak di Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo. Air terjun ini termasuk dalam Desa Wisata Jatimulyo. Dalam Bahasa Jawa, Kedung berarti kolam dan Pedut berarti kabut. Hal ini dikarenakan saking derasnya saat air jatuh ke bawah menuju kolam, menyebabkan sekitaran kolam tersebut menjadi berkabut. Keunikan lainnya dari objek wisata ini adalah warna air yang jernih dan berubah warna menjadi berwarna tosca.

Dari lokasi parkir, kita harus berjalan sekitar 500m untuk bisa sampai di lokasi air terjunnya, melalui jalan setapak yang sudah di-coorblock. Sepanjang jalan menuju Kedung Pedut sangat rindang dan kebersihan sekitaran lokasi dijaga dengan baik. Kita juga disuguhi oleh aliran sungai dan beberapa spot foto yang bisa digunakan untuk berfoto. Tidak hanya itu, ada beberapa permainan tambahan lain yang bisa digunakan seperti flying fox. Air Terjun Kedung Pedut berdekatan dengan Air Terjun Kembang Soka dan Ekowisata Sungai Mudal. Rute terbaik Kedung Pedut dapat ditempuh kurang lebih 50km ke arah barat dari kota Yogyakarta. Jalur yang bisa digunakan adalah melewati Jalan Godean ke barat.

 

Kedung Pedut Waterfall is one of tourism object which is popular in the young generation. this tourism object was opened since 2015. Kedung Pedut is located in Kembang, Jatimulyo Village, Girimulyo subdistrict, Kulon Progo. This waterfall is included to Jatimulyo Tourism Village.

In Javanese, Kedung means pond, and pedut means fog. It is caused because when the water falls downinto the pond, makes the pond and its surroundings will be foggy. Another uniqueness of Kedung Pedut waterfall is the water color which is clear and sometimes it changes into Tosca.

 

Map Kedung Pedut