HARMONIS, PELAKSANAAN TRIBUANA MANGGALA BHAKTI DI JATIMULYO

HARMONIS, PELAKSANAAN TRIBUANA MANGGALA BHAKTI DI JATIMULYO

  • Di publish tanggal 2019-04-29 10:13:49
  • in Berita
  • Telah dibaca 135

Pada Minggu (28/04) berpusat di Ekowisata Sungai Mudal ratusan umat Budha di Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo menggelar upacara Tribuana Manggala Bhakti dalam rangka menyambut Hari Raya Waisak Tahun Saka 2563 yang akan jatuh pada 19 Mei mendatang. Upacara diawalai dengan kirab, dilanjutkan pengambilan air suci Waisak di kaki Gunung Kelir, Penanaman pohon konservasi alam dan diakhiri dengan pelepasan satwa burung dan ikan.

Hadir dalam upacara ini Asisten Deputi Pengembangan Wisata Budaya Kementerian Pariwisata, Oneng Setyaharini, Wakil Bupati Kulon Progo, Sutedjo, Kepala Dinas Pariwisata Kulon Progo, Niken Probo Laras, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kulon Progo, Arif Prastowo, serta unsur muspika kecamatan Girimulyo.

“Tribuana Manggala Bhakti memiliki makna bakti peduli terhadap tiga matra ekosistem alam, yaitu matra bumi diwakili dengan penanaman pohon, matra udara diwakili dengan pelepasan satwa burung dan matra air diekspresikan dengan pelepasan satwa ikan dan pemanfaatan air sebagai sarana ibadah umat Budha.” Ungkap Rahman selaku panitia penyelenggara Tribuana Manggala Bhakti.

Dalam upacara Tribuana Manggala Bhakti ini terlihat kerukunan antar umat beragama di Desa Jatimulyo dengan puluhan relawan lintas agama yang membantu proses kelancaran upacara dari awal hingga selesai.

“Saya merinding melihat kekompakkan warga lintas agama di Desa Jatimulyo ini.” puji Oneng Setyaharini, tamu dari Asisten Deputi Pengembangan Wisata Budaya Kementerian Pariwisata.

Oneng berharap kerukunan antar umat beragama khususnya di Desa Jatimulyo tetap terjaga sehingga bisa menjadi perwujudan Sapta Pesona sehingga bisa menarik wisatawan untuk berkunjung yang akan berdampak positif bagi perekonomian masyarakat.

Map HARMONIS, PELAKSANAAN TRIBUANA MANGGALA BHAKTI DI JATIMULYO