EVALUASI DAN LOMBA POKDARWIS DIY 2018 Di Kab. Kulon Progo

EVALUASI DAN LOMBA POKDARWIS DIY 2018 Di Kab. Kulon Progo

  • Di publish tanggal 2018-03-12 13:32:36
  • in Berita
  • Telah dibaca 155

Untuk mendorong partisipasi dan memotivasi masyarakat dalam memajukan destinasi wisata daerah terutama penerapan Sapta Pesona, Dinas Pariwisata Kulon Progo berpartisipasi dalam Evaluasi dan Lomba Pokdarwis Tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta.

Lomba ini diselenggarakan pada tanggal 28 Februari sampai dengan 19 Maret 2018 dan diikuti oleh seluruh kabupaten/kota se-DIY. Masing-masing kabupaten/kota mengirimkan 3 (tiga) pokdarwis. Kabupaten Kulon Progo sendiri mengirimkan 3 Pokdarwis yakni Pokdarwis Hargomukti Segajih Kokap, Pokdarwis Wanatirta Wiyata Krembangan Panjatan, Pokdarwis Depok Asri Banjarasri Kalibawang. Penjurian Pokdarwis Kulon Progo dilaksanakan selama 2 hari yaitu pada tanggal 5 dan 6 Maret 2018.

Lomba ini melibatkan beberapa juri dari Dinas Pariwisata DIY, Pusat Studi UGM, Surat Kabar Harian Kedaulatan Rakyat, Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) dan juga Association of Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA).  Para juri pun menilai aspek administrasi dan pengelolaan pokdarwis dengan mendatangi langsung satu per satu Pokdarwis yang mengikuti lomba ini.

Pada hari pertama, penilaian dilaksanakan di Pokdarwis Hargomukti. Pada kesempatan ini, Pokdarwis Hargomukti mempresentasikan kegiatan mereka yang mengedepankan wisata edukasi dan kearifan lokal. Mulai dari kebersihan lingkungan dan kuliner unggulan seperti ingkung sundhul langit, buah kepel, langsep, manggis dan durian di tampilkan oleh Pokdarwis ini. Dilanjutkan dengan penilaian di Pokdarwis Wanatirta Wiyata yang mempresentasikan obyek wisata unggulan Goa Kebon.

Pada hari kedua, penilaian dilaksanakan di Pokdarwis Depok Asri Kalibawang. Pada kesempatan ini, Pokdarwis Depok Asri mendapat kesempatan untuk menampilkan gejok lesung dipadu dengan tari garapan sebagai tari penyambutan tamu.

Penerapan Sapta Pesona menjadi salah satu indikator penilaian pada lomba Pokdarwis ini. Sapta Pesona meliputi keamanan, ketertiban, kebersihan, kesejukan, keindahan, keramahan, dan kenangan.  Peserta lomba yang paling berhasil menerapkan Sapta Pesona dan memenangkan lomba ini akan diikutsertakan dalam lomba Pokdarwis tingkat Nasional.

Dengan adanya lomba ini, diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi atau pembinaan terhadap Pokdarwis dalam mewujudkan implementasi Sapta Pesona di Kawasan Wisata Daerah Istimewa Yogyakarta khususnya Kabupaten Kulon Progo.