Dinas Pariwisata DIY Gelar SOP Simulasi Operasional Travel Agent dan MICE

Dinas Pariwisata DIY Gelar SOP Simulasi Operasional Travel Agent dan MICE

  • Di publish tanggal 2020-07-27 14:34:05
  • in Berita
  • Telah dibaca 70

Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta gelar simulasi Standard Operating Prosedur (SOP) protokol kesehatan bagi travel agent dan MICE (Meeting, Incentive, Convention and Exhibition) menuju Pranatan Anyar Plesiran Jogja pada 24 hingga 25 Juli 2020 . Simulasi ini diikuti oleh 35 perwakilan asosiasi pelaku pariwisata dan instansi terkait. Kegiatan ini juga merupakan kerjasama Dispar DIY dengan GIPI (Gabungan Industri Pariwisata) DIY,  Dinas Pariwisata Kabupaten/Kota, PT Angkasa Pura 1, PT KAI serta Badan Otorita Borobudur (BOB) dan Bank Indonesia DIY. Simulasi ini dilakukan dengan agenda paket wisata dua hari satu malam/ 2 Days 1 Night.

Diawali dari penjemputan di Stasiun Tugu, rangkaian program hari pertama yaitu mengunjungi Candi Prambanan, Tebing Breksi dengan Jeep Tour, Pegunungan Nglanggeran, Pinus Pengger dan pada malam harinya diakhiri dengan simulasi MICE di hotel. 

Rangkaian kegiatan hari kedua yaitu mengunjungi Malioboro, Museum Sonobudoyo, Keraton Yogyakarta dan Hutan Mangrove Kadilangu kemudian berakhir di Yogyakarta International Airport.

Dalam kegiatan ini juga dilakukan simulasi reservasi online menggunakan aplikasi Visiting Jogja. Aplikasi visiting jogja merupakan aplikasi reservasi online guna mempermudah proses pendataan wisatawan yang berkunjung di setiap destinasi wisata. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan juga dapat mempermudah proses tracing penularan Covid 19.

Simulasi ini bertujuan untuk memastikan seluruh rangkaian SOP dan protokoler kesehatan sudah diterapkan sehingga kenyamanan berwisata dapat terwujud dengan baik.