DESA WISATA NGLINGGO SANG JUARA

DESA WISATA NGLINGGO SANG JUARA

  • Di publish tanggal 2018-04-24 14:22:59
  • in Berita
  • Telah dibaca 291

 

Grand Final Lomba Desa/Kampung Wisata tingkat DIY 2018 telah diselenggarakan pada Senin 23 April 2018 di Desa Wisata Kaki Langit Mangunan Kecamatan Dlingo Kabupaten Bantul. Grand Final ini diikuti oleh 6 peserta perwakilan dari masing-masing kabupaten/kota se DIY. Juri lomba ini terdiri dari berbagai unsur seperti Dinas Pariwisata DIY, Pusat Studi Pariwisata UGM, HPI DIY, Forkom Desa Wisata DIY, media massa SKH Kedaulatan Rakyat, ASITA DIY, PHRI DIY dan juga tokoh pariwisata. Grand Final ini juga dihadiri oleh pejabat-pejabat terkait seperti Kepala Dinas Pariwisata DIY, Kepala Dinas Pariwisata Kulon Progo, Kepala Dinas Pariwisata Bantul dan Camat Dlingo.
 
Kulon Progo patut berbangga dan berbahagia karena Desa wisata yang dikirimkan untuk mewakili yakni Desa Wisata Nglinggo Pagerharjo Samigaluh berhasil meraih juara 1. Sementara, juara 2 diraih oleh Desa Wisata Krebet Sendangsari Pajangan Bantul dan juara 3 diraih oleh Kampung Wisata Rejowinangun Kotagede Yogya. Juara harapan 1 -3 yakni Desa wisata Nganggring Wonokerto Turi Sleman, Desa Wisata Tapak Tilas Sultan Agung Mangunan Dlingo Bantul serta Desa Wisata Pampang Paliyan Gunungkidul.
 
Pemenang lomba ini akan diikutsertakan dalam Lomba serupa tingkat Nasional dan pemenang tingkat Nasional akan diikutsertakan dalam Lomba serupa tingkat ASEAN dengan standar CBT (Community Base Tourism). Maka karena itu, Desa Wisata Nglinggo sebagai pemenang tingkat DIY masih harus mempersiapkan diri membawa nama baik Kulon Progo khususnya dan DIY pada umumnya untuk maju ke tingkat yang lebih menantang lagi yakni tingkat nasional.
 
Diharapkan dengan kejuaraan lomba desa wisata yang diraih Kulon Progo untuk yang pertama kalinya ini dapat memacu desa wisata lain di Kulon Progo sehingga mampu bersaing untuk lebih maju dan mengembangkan potensinya.