Desa Wisata Jatimulyo

Desa Wisata Jatimulyo

  • Di publish tanggal 2017-10-02 15:00:56
  • in
  • Telah dibaca 7471

Desa wisata Jatimulyo terletak di ketinggian 500-800 mdpl di kawasan Pegunungan Menoreh, tepatnya di Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo. Desa Wisata Jatimulyo merupakan salah satu desa yang masih menganut kebudayaan jawa yang kuat. Setiap bulan Sapar diadakan Merti Dusun Jatimulyo suatu upacara adat yang sarat dengan kearifan lokal. Untuk menuju Desa Wisata Jatimulyo dibutuhkan waktu 45 menit dari pusat kota Wates. Wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan rental untuk menuju ke Desa Wisata Jatimulyo.


Desa wisata Jatimulyo menawarkan berbagai wisata budaya dan wisata alam untuk wisatawan. Wisatawan dapat mencoba susur gua Kiskendo dan gua Sumitra. Selain itu, wisatawan dapat menyaksikan sendratari Sugriwa Subali yang merupakan legenda khas gua Kiskendo. Obyek wisata yang terdapat di Desa Wisata Jatimulyo yakni Gua Kiskendo, Gua Sumitra, Curug Setawing, Grojogan Sewu, Watu Blencong, Gunung Lanang, Ekowisata Taman Sungai Mudal, Kembangsoka, Kedung Pedut, dan Watu Bolong. Selain itu, Wisatawan dapat bermalam sembari menikmati nuansa alam desa Jatimulyo di Omah Watu Blencong dan homestay-homestay milik warga.


Desa wisata Jatimulyo juga menyediakan paket wisata yang dapat dipesan untuk wisatawan rombongan, maupun wisatawan tunggal. Paket wisata tersebut diantaranya, Paket Live In, Paket Atraksi yang terbagi menjadi Paket Budaya dan Paket Outbound, Paket Jelajah Wisata Jatimulyo, Paket One Day Tour (Bird Watching, budidaya madu lanceng, pembuatan gula jawa, edukasi kopi, trekking ke Kembangsoka atau Ekowisata Sungai Mudal) , dan Paket Camping Ground.

 

 

CP : SUISNO (085327685699) ANDRI (081229914791)

 

Desa Wisata Jatimulyo | dinas pariwisata kulon progo
Desa Wisata Jatimulyo

Desa Wisata Jatimulyo

  • Di publish tanggal 2021-03-17 10:30:14
  • in Desa Wisata
  • Telah dibaca 6016

Desa Wisata Jatimulyo terletak di ketinggian 500 - 800 mdpl di Kawasan Pegunungan Menoreh tepatnya di Kapanewon Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, D.I. Yogykarta. Kawasan ini mempunyai potensi alam yang bagus khususnya bentang alam karst Menoreh dengan tebing - tebing indah di Gunung Kelir.

Di desa baru saja mendapatkan sertifikasi Desa Wisata Berkelanjutan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia pada 2 Maret 2021 yang lalu ini terdapat potensi sosial budaya yang masih kuat. Salah satunya Setiap memasuki bulan Sapar digelar Merti Dusun Jatimulyo, suatu upacara adat yang sarat dengan kearifan lokal yang merupakan simbolisme rasa syukur kepada yang Maha Kuasa atas keberkahan yang telah diberikan. 

Desa wisata Jatimulyo memiliki potensi Taman Wisata di area Gua Kiskendha juga camping ground/berkemah yang luas, dengan pemandangan indah bukit pinus. Wisatawan dapat pula melihat laut selatan dari atas Gunung Lanang yang terletak bersebelahan dengan goa ini.

Disamping itu terdapat beberapa wisata air terjun dengan suasana alami yaitu Grojogan Sewu, Kembang Soka, Kedhung Pedhut dan Taman Sungai Mudal. Desa Wisa Jatimulyo menyediakan paket Susur Gua, Sumitro cave tubing, paket jelajah alam (tracking, birdwatching, geotours), Paket Camping & Safari Malam hingga Paket Agrowisata salak.

Sendratari Sugriwa Subali sebagai salah satu atraksi khas digelar rutin di amfitheater Gua Kiskendha dan dimainkan oleh seniman-seniwati setempat.

 

Map Desa Wisata Jatimulyo