Curug Sidoharjo

Curug Sidoharjo

  • Di publish tanggal 2021-01-18 10:05:42
  • in Wisata Alam
  • Telah dibaca 4940

Air Terjun Perawan atau yang lebih dikenal dengan nama Air Terjun Sidoharjo oleh masyarakat sekitar merupakan air terjun tertinggi di Yogyakarta ini. Air terjun yang terletak 30 km di sebelah barat Kota Yogyakarta ini memiliki ketinggian kurang lebih 30 m. Akses jalan menuju air terjun yang terletak di Dusun Madigondo, Kalurahan Sidoharjo, Kapanewon Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo ini bisa dilewati kendaraan roda 2 dan 4. Untuk bisa menuju Air Terjun ini, wisatawan cukup membayar jasa lingkungan sebesar Rp. 3000,  biaya parkir Rp. 2000 rupiah untuk kendaraan roda 2 dan Rp. 5000 untuk kendaraan roda 4.

Dari lokasi parkir, wisatawan masih harus melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki sekitar 10 menit untuk sampai di Air Terjun Sidoharjo dengan jalan yang sudah berupa cor semen. Musim terbaik untuk menikmati keindahan air terjun ini adalah saat musim penghujan tiba, yaitu sekitar bulan Desember - Januari, karena saat kemarau debit airnya tidak banyak dan dialirkan untuk mengairi sawah warga setempat. 

Di Air Terjun SIdoharjo ini wisatawan bisa bermain air sepuasnya, namun untuk anak-anak harus dengan didampingi orangtua. Jika beruntung wisatawan bisa melihat pelangi yang muncul dari pembiasan air dan cahaya matahari di bawah air terjun ini.

 

Map Curug Sidoharjo