BULE BERBAGAI NEGARA IKUT NYADRAN AGUNG KULON PROGO

BULE BERBAGAI NEGARA IKUT NYADRAN AGUNG KULON PROGO

  • Di publish tanggal 2019-04-29 13:59:02
  • in Berita
  • Telah dibaca 67

Nyadran Agung 2019 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Kulon Progo (27/04) di Alun-Alun Wates berjalan dengan lancar. Nyadran merupakan upacara adat jawa yang diselenggarakan setiap setahun sekali pada bulan Sya’ban sebelum umat Islam menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

Nyadran Agung ditandai dengan kirab gunungan apem, gunungan tumpeng, gunungan hasil bumi, serta rombongan dari Dinas Pariwisata Kulon Progo yang terdiri dari wisatawan mancanegara. Wisatawan mancanegara yang berpartisipasi dalam tradisi Nyadran ini berasal dari Amerika, Slovakia, Filipina, Tiongkok, Iran, Hungaria, Meksiko, Sudan, Yaman, Polandia, Mesir, Uganda, Rusia, dan Belanda.

Keikutsertaan  turis mancanegara di upacara Nyadran Agung ini  merupakan satu upaya untuk mempromosikan budaya atau adat tradisi masyarakat Jawa khususnya di Kulon Progo. Banyak dari mereka yang merasa senang dan bangga karena bisa melihat, mengikuti dan berpartisipasi sebagai bregada di Nyadran Agung ini karena bagi mereka ini merupakan New experience/pengalaman baru yang unik dan berkesan. (ret)