Bimbingan Teknis Kementerian Pariwisata Republik Indonesia

Bimbingan Teknis Kementerian Pariwisata Republik Indonesia

  • Di publish tanggal 2018-03-27 09:11:19
  • in Berita
  • Telah dibaca 191

Dalam rangka pengembangan wisata budaya Indonesia yang berkelanjutan dan berdaya saing, Kementerian Pariwisata Republik Indonesia menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Pengelolaan Wisata Sejarah dan Warisan Budaya dengan fokus Pengembangan Wisata Religi Ziarah Sendangsono, Kulon Progo.

Acara ini diselenggarakan selama dua hari yaitu tanggal 26 – 27 Maret 2018. Peserta yang diundang berasal dari berbagai intansi mulai dari Dinas Pariwisata Kulon Progo dan DIY, Pelaku Usaha Pariwisata, Asosiasi Pariwisata, hingga Akademisi yang berhubungan dengan pariwisata.

Acara Bimtek ini dibuka pukul 8.30 WIB di Hotel Ayaartta Malioboro dengan sambutan dari Ir. Aris Riyanto, M.Sc selaku Kepala Dinas Pariwisata DIY, Dra. Niken Probo Laras, S.Sos, MH selaku Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kulon Progo kemudian dilanjutkan dengan sambutan dan arahan dari Dra. Oneng Setyaharini, MM selaku Asdep Pengembangan Wisata Budaya, Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kementrian Pariwisata Indondesia.

Tujuan dari acara Bimbingan Teknis (Bimtek) ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan menyamakan persepsi stakeholder dalam pengelolaan daya tarik wisata cultural heritage yang terintegrasi, berkualitas dan berkelanjutan, menemukenali permasalahan, identifikasi dan pemetaan potensi produk wisata Sendangsono dan sekitarnya, memperkuat networking stakeholder pariwisata baik Pusat, Provinsi DIY, Kab. Kulon Progo.

Setelah penyampain materi Bimtek oleh beberapa narasumber, tim Bimtek dan peserta melakukan uji trail lapangan menuju Sendangsono dengan transportasi yang disediakan panitia.

Pada pemberhentian pertama Tim Bimtek dan peserta berkesempatan singgah di Pawon Gendis, Kalibawang. Di Pawon Gendis ini tim Bimtek dan Peserta disuguhi hidangan-hidangan tradisional seperti Buntil, Sayur Daun Lompong, hingga Sayur Pegagan.  Setelah selesai menikmati hidangan yang disediakan dan melaksanakan sholat, Tim Bimtek memberikan arahan dan masukan kepada pengelola Pawon Gendis mengenai tata letak tempat agar diatur menjadi lebih menarik. 

Setelah kegiatan di Pawon Gendis paripurna, Tim Bimtek dan peserta meninggalkan tempat dan beranjak menuju Sendangsono. Di Sendangsono Tim Bimtek dan peserta berkeliling dan meninjau sarana dan prasarana yang ada di tempat tersebut. Sebelum kembali ke Hotel Ayaartta Malioboro tim Bimtek dan peserta singgah ke Goa Kiskendo.

Menurut rencana acara Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Pengelolaan Wisata Sejarah dan Warisan Budaya ini akan ditutup Selasa (27/3) di Hotel Ayaartta Malioboro.