Bersiap Hadapi Uji Coba Operasional Terbatas, Dinas Pariwisata Kulon Progo Selenggarakan Pelatihan Sistem Reservasi Online Destinasi Wisata

Bersiap Hadapi Uji Coba Operasional Terbatas, Dinas Pariwisata Kulon Progo Selenggarakan Pelatihan Sistem Reservasi Online Destinasi Wisata

  • Di publish tanggal 2020-07-14 14:27:22
  • in Berita
  • Telah dibaca 99

Dinas Pariwisata Kabupaten Kulon Progo menyelenggarakan "Pelatihan Sistem Reservasi Online Destinasi Wisata" pada Selasa (14/07/2020). Acara ini dihadiri oleh para pengelola destinasi wisata Kabupaten Kulon Progo dan perwakilan PT. Integra Inovasi Indonesia selaku perusahaan software yang ditunjuk Dinas Pariwisata DIY sebagai developer aplikasi Visiting Jogja. 

Pelatihan ini dimulai  dengan paparan pembuka yang berisi pengenalan aplikasi "Visiting Jogja" dan "Visiting Jogja Loket". Aplikasi "Visiting Jogja" adalah aplikasi yang diperuntukkan kepada para calon wisatawan sehingga dapat melakukan reservasi secara online ketika ingin berkunjung ke destinasi wisata di DIY. Sedangkan aplikasi "Visiting Jogja Loket" merupakan aplikasi yang diperuntukkan kepada  para pengelola destinasi wisata sehingga lebih mudah dalam proses pendataan para wisatawan. Dua aplikasi ini dapat diunduh di Playstore dan kedepannya akan digunakan sebagai aplikasi reservasi online destinasi wisata DIY termasuk Kulon Progo.

Dengan Aplikasi Visiting Jogja, para wisatawan dapat melakukan reservasi online dan melakukan pembayaran secara tunai maupun non-tunai menggunakan e-wallet seperti OVO, Link Aja, Dana dan GoPay. Dengan aplikasi Visiting Jogja Loket, para pengelola wisata dapat lebih mudah melakukan pendataan wisatawan secara detail terkait tanggal reservasi, nama, nomer telepon, daerah asal, usia dan jenis kelamin. 

Reservasi secara online ini diharapkan dapat mengurangi kontak fisik di objek wisata serta mempermudah proses pendataan para wisatawan yang berkunjung sehingga dapat lebih mudah pula proses pelacakan/tracing untuk memutus mata rantai penularan Covid-19.