ASITA DIY JELAJAHI KAWASAN MENOREH

ASITA DIY JELAJAHI KAWASAN MENOREH

  • Di publish tanggal 2018-10-30 11:08:41
  • in Berita
  • Telah dibaca 141

Dinas Pariwisata dan ASITA DIY bekerja sama membuat Travel Pattern untuk mengetahui pola perjalanan wisatawan ke Kabupaten Kulon Progo. Mengawali bentuk kerjasama tersebut di awal bulan Oktober 2018, ASITA DIY dan Dinas Pariwisata melakukan survey dan mapping ke berbagai objek wisata unggulan di Kabupaten Kulon Progo. Beberapa objek yang telah di survey adalah  Puncak Suroloyo dan potensi di sekitarnya, Kawasan Wisata Nglinggo – Tritis dan potensi destinasi pariwisata di Kecamatan Girimulyo.

Survey dan mapping selanjutnya dilaksanakan di Kecamatan Kokap pada tanggal 26 Oktober 2018, dengan tujuan Kalibiru, Puncak Dipowono/Canthing Mas, Pule Payung, Segajih Live-in, Gula Semut KUB Tiwi Manunggal dan Bukit Cendana, dengan peserta 8 orang dari ASITA dan 6 orang dari Dinas Pariwisata.

Pada kesempatan tersebut, peserta mencoba berbagai spot foto yang ditawarkan dari masing-masing objek wisata antara lain: Spot foto Gantole di Kalibiru, Perahu di Puncak Dipowono, Sepeda angkasa di Pule Payung dan Ayunan di Bukit Cendana. Peserta juga melihat proses pembuatan gula semut di KUB Tiwi Manunggal.

Di Live-in Segajih peserta disuguhi kearifan lokal budaya setempat yang masih melekat kuat di masyarakat, dengan menyuguhkan makan siang berupa Nasi Tiplek dengan kuluban sayur dan lauk tempe goreng serta Ingkung Sundhul Langit. Suguhan makan siang ini merupakan klimaks acara pada hari itu, karena makanan tradisional ini sangat menarik minat ASITA untuk mendatangkan wisatawan mancanegara terutama dari Malaysia. (EW)