ANGGUK KULON PROGO DI MENOREH NIGHT SPECTA 2018

ANGGUK KULON PROGO DI MENOREH NIGHT SPECTA 2018

  • Di publish tanggal 2018-05-16 10:01:55
  • in Berita
  • Telah dibaca 153

Suguhan Kesenian Angguk pada event Menoreh Night Specta (MNS) 2018 yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata DIY pada Sabtu(12/5) di Alun-alun Wates mampu menyedot perhatian warga. Angguk merupakan tarian khas Kulon Progo yang berhasil terpilih sebagai atraksi budaya terpopuler dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia 2018.

Rangkaian acara Menoreh Night Specta 2018 dimulai sedari siang pukul 14.00 WIB. Sekitar 100 penari yang berasal dari 3 sanggar yakni Sri Panglaras, Sinar Bakti, dan Sekar Argo Budhoyo. Para penari usia belia Kesenian Angguk menari secara massal dihadapan warga Kulon Progo. Kemudian dilanjutkan dengan Senam Angguk bersama warga. Selepas magrib, sekitar seribuan warga yang ingin menikmati MNS berkumpul di sekitar Alun-alun Wates menunggu dimulainya perhelatan Menoreh Night Specta 2018. Para warga disuguhi dengan lenggak-lenggok goyangan penari-penari cantik yang menari Angguk secara kolosal. Selain itu, ada beberapa bintang tamu seperti Javacoustic, Galuh Raka Siwi, dan juga penyanyi dangdut kebanggaan Kulon Progo Fina Fasanda.

Kepala Dinas Pariwisata DIY, Aris Riyanto mengatakan, tujuan diadakannya MNS adalah mengangkat seni budaya Kulon Progo agar nantinya bisa terus menarik wisatawan. Dispar DIY menggelar MNS ini secara rutin tiap tahun sejak tiga tahun lalu.

MNS tahun ini memang sedikit berbeda dengan ditiadakannya penerbangan lampion seperti tahun-tahun sebelumnya, namun rupanya suguhan Kesenian Angguk pada MNS kali ini tetap mendapat respons positif dari warga.